Islandia Lolos Kualifikasi Piala Dunia, Badai Viking Melanda Rusia

Bersiap-siap lah Rusia, karena badai Viking akan segera melanda. Itu adalah salah satu pernyataan yang disampaikan oleh tim nasional Islandia yang lolos kualifikasi dan akan berlaga melawan negara-negara lain di perhelatan akbar sepak bola dunia, World Cup 2018 Russia.

Negara Terkecil yang Lolos Kualifikasi

Dengan populasi yang hanya sekitar 300,000-an penduduk, Islandia menjadi negara terkecil yang pernah lolos kualifikasi Piala Dunia setelah mengalahkan Kosovo 2-0 pada laga yang diselenggarakan hari Senin lalu untuk memastikan para “Islander” memuncaki kualifikasi Eropa di Group I.

“Ini adalah malam yang sangat menakjubkan — bersejarah untuk kami semua, bersejarah untuk sepak bola dunia.” terang Eidur Gudjohnsen, pemegang rekok top skor di negaranya, ketika diwawancarai oleh CNN. “Jujur kami masih menikmati lolos masuk ke Euro 2016 di Perancis, turnamen besar pertama kami, dan sepertinya pesta ini terus berlanjut.”

negara islandia

Trinidad & Tobago, yang memiliki populasi 1,3 juta penduduk, adalah negara terkecil yang pernah masuk ke Piala Dunia sebelumnya di tahun 2006. Gudjohnsen percaya bahwa banyak pengalaman yang telah mereka peroleh dari laga di panggung Euro dan tentunya menjadi salah satu faktor yang memegang peranan penting lolosnya tim Islandia masuk kualifikasi piala dunia.

Kesuksesan Islandia di sasana Piala Dunia 2018 Rusia diraih kurang dari 18 bulan setelah menendang Inggris keluar dari Euro 2016 untuk mencapat perempat final sebelum akhirnya ditumbangkan oleh Perancis.

Profil Tim Islandia

Berikut ini adalah profil tim sepak bola nasional Islandia yang digadang-gadang menjadi kuda hitam di Piala Dunia 2018 Rusia: Nama Julukan: Strákarnir okkar (Our Boys) Pelatih Utama: Heimir Hallgrimsson Kapten: Aron Gunnarsson Top Skor: Eidur Gudjhonsen Salah satu pemain yang harus diwaspadai oleh tim lain adalah Eidur Smari Gudjohnsen.

Pria kelahiran Reykjavik, Islandia ini memang sudah tidak muda lagi, tapi ia berhasi membuktikan di umurnya yang hampir 40 tahun, masih tetap bisa produktif di atas lapangan hijau.

islandia lolos-sepak bola

Karir sepakbolanya juga begitu cemerlang, terbukti dengan beberapa tim sepakbola papan atas yang pernah dibela olehnya. Di antaranya adalah PSV di tahun 1995-1997 sebelum akhirnya memutuskan untuk merumput bersama Bolton Wanderers. Karirnya bersama Wanderers ternyata menarik keinginan Chelsea untuk menarik Eidur menjadi salah satu punggawanya. 6 Musim diselesaikannya dengan seragam biru sebelum memutuskan berlaga bersama raksasa Spanyol, Barcelona.

Hingga saat ini, Gudjhonsen masih dipercaya menjadi ujung tombak dari permainan tim Viking Islandia. Dikawal oleh banyak pemain jebolan industri sepak bola Eropa seperti, Birkir Bjarnason yang merumput bersama Aston Villa, lalu ada Emil Hallfreosson yang sekarang bermain bersama Udinese, mereka akan siap untuk menjaga lini tengah permainan Islandia, dan menghubungkan strategi antara lini belakang dan lini depan.

negara terkecil lolos

Di Lini belakang ada beberapa pemain yang patut untuk diperhitungkan seperti Ragnar Sigurosson, Kari Arnason dan Sverrir Ingi Ingason. Mereka akan menjadi tantangan yang cukup kuat bagi para penyerang skuad negara lain.

Beberapa pengamat sepak bola sempat memberikan beberapa prediksi yang mengungkapkan bahwa Islandia akan menjadi salah satu negara yang cukup sulit untuk ditumbangkan. Setidaknya mereka akan lolos hingga babak 8 besar. Bahkan ada yang lebih berani lagi dengan mengatakan “The Ice Age Cometh”, atau “Zaman Es (Islandia) telah tiba”, menandakan bahwa Islandia akan meraih tropi Piala Dunia di 2018.

Memang beberapa prediksi tersebut telah membuat suasana menjelang Piala Dunia semakin memanas, pasti para penggemar sepak bola sudah tidak tahan untuk menyaksikan sengitnya “Perang Dunia” di atas lapangan sepak bola.

Share this post:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •